Fasilitas Komputasi
Kelima program studi di Labtek III menggunakan fasilitas komputasi (komputer, perangkat lunak, dan akses internet) secara bersama-sama. Secara keseluruhan, Gedung Labtek III memiliki 302 komputer. Spesifikasi dan lokasi dari komputer-komputer tersebut dapat dilihat di Tabel 6 dan Tabel 7. Komputer-komputer tersebut digunakan secara rutin untuk kegiatan kelas yang memerlukannya. Selain itu, komputer yang tersedia juga dapat digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhir sarjana / tesis.
Tabel 6 Spesifikasi Komputer yang Dapat Diakses oleh Program Manajemen Rekayasa ITB
Jenis Komputer | Spesifikasi | |
---|---|---|
A | All in one Desktop | Prosesor: Intel® Core i5 (3.40 GHz, 6M Cache) |
RAM: 4GB DDR3 | ||
Hard drive: 1TB Serial ATA, 7200RPM | ||
Monitor: 20 LED | ||
B | All in one Desktop | Prosesor: Intel® Core i7 (3.10 GHz, 8M Cache) |
RAM: 8GB DDR3 | ||
Hard drive: 1TB Serial ATA, 7200RPM | ||
Monitor: 23 LED | ||
C | All in one Desktop | Prosesor: Intel® Core i7 (4.10 GHz, 8M Cache) |
RAM: 8GB DDR 4 | ||
Hard drive: 1TB Serial ATA, 5400RPM | ||
Monitor: 23 LED |
Tabel 7 Lokasi Komputer yang Dapat Diakses oleh Program Manajemen Rekayasa ITB
No. | Lokasi | Jenis Komputer | Jumlah |
---|---|---|---|
1 | Lab Sistem Produksi | B / D | 20 / 4 |
2 | Lab Inovasi dan Pengembangan Sistem Perusahaan | B / D | 20 / 4 |
3 | Lab Rekayasa Sistem Kerja dan Ergonomi | B / D | 20 / 4 |
4 | Lab Sistem Informasi dan Keputusan | B / D | 20 / 4 |
5 | Lab Perencanaan dan Optimasi Sistem Industri | B / D | 20 / 4 |
6 | Lab Multimedia 1 | B | 24 |
7 | Lab Multimedia 2 | B | 40 |
8 | Lab Multimedia 3 | B | 39 |
9 | Lab Multimedia 4 | A | 45 |
10 | Lab Multimedia 5 | A | 34 |
Program Manajemen Rekayasa ITB memiliki lisensi dari beberapa perangkat lunak engineering, matematika, statistika dan simulasi yang esensial untuk kegiatan belajar mengajar, keperluan administrasi, dan kegiatan penelitian. Beberapa lisensi (contoh: sistem operasi) tersedia dalam bentuk lisensi untuk institusi, sedangkan lisensi lain dibeli oleh program studi, atau oleh anggota fakultas secara pribadi untuk keperluan perkuliahan masing-masing. Tabel 8 menunjukkan daftar perangkat lunak yang dapat diakses oleh anggota fakultas dan mahasiswa Manajemen Rekayasa ITB. Terdapat dua jenis lisensi perangkat lunak: institutional (digunakan oleh banyak fakultas di ITB) dan educational (digunakan oleh fakultas atau program studi tertentu). Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) ITB mengatur seluruh lisensi perangkat lunak berjenis Institutional.
Tabel 8 Daftar Perangkat Lunak yang Dapat Diakses Oleh Manajemen Rekayasa ITB
No. | Nama Perangkat Lunak | Deskripsi |
---|---|---|
1 | Microsoft 365 | Mencakup Sistem Operasi (Server & client), Perangkat lunak Office (Word, spreadsheet, database etc.), Perangkat lunak pemrograman (C++, .net dll.), Perangkat lunak Teams |
2 | Matlab | Perangkat lunak pemodelan matematika |
3 | Minitab | Perangkat lunak analisis stastitika |
4 | Zoom | Perangkat lunak konferensi online |
5 | Tableau | Perangkat lunak visualisasi data |
6 | Adobe Creative Cloud | Perangkat lunak desain grafis |
7 | Ms Project | Perangkat lunak Manajemen Proyek |
8 | Ms Visio | Perangkat lunak grafik vector |
9 | 3DSSPP | Perangkat lunak ergonomi |
10 | Solidworks edu | Perangkat lunak simulasi |
11 | Lingo 18,0 | Perangkat lunak optimasi |
12 | Promodel Student 2016 | Perangkat lunak simulasi |
13 | Dev-Pascal | Perangkat lunak pemrograman |
14 | GPSSH | Perangkat lunak simulasi |
15 | Arena v15.1 | Perangkat simulasi |
16 | XAMPP 7.3.11 | Perangkat lunak basis data |
17 | Visual Studio v17.0 | Perangkat lunak pemrograman |
18 | R4.1.2 | Perangkat lunak pemrograman |
19 | RStudio Desktop 2021 | Perangkat lunak pemrograman |
Sistem jaringan di Gedung Labtek III terhubung dengan sistem jaringan utama ITB yang dikelola oleh DSTI. DSTI juga bertanggung-jawab mengelola server utama ITB (website resmi ITB dan fakultas, DNS, gateway, server email, dan lain-lain), termasuk pula alamat IP dari seluruh program studi di ITB. Saat ini, untuk keperluan akademik dan penelitian, ITB terhubung ke internet melalui jaringan Internasional dan IIX. Keduanya memiliki kecepatan 2250 Mbps. ITB juga tersambung dengan jaringan RnD dari TEIN dengan kecepatan 622 Mbps dan jaringan backup dengan kecepatan 500 Mbps. Jaringan internet tersebut didistribusikan dengan kecepatan access layer 10 Gbps. Gambar 1 menunjukkan topologi jaringan yang di Labtek III.
Gambar 1 Topologi Jaringan Komputer di Manajemen Rekayasa ITB
Untuk mendapatkan fasilitas koneksi internet, civitas akademik ITB harus mendaftar ke DSTI ITB untuk memperoleh akun Single Sign On (SSO). Akun tersebut dapat digunakan untuk mengakses seluruh layanan yang diberikan ITB. Mahasiswa dapat mengakses internet secara gratis melalui dua jenis layanan yang disediakan oleh ITB: hotspot ITB dan eduroam. Layanan hotspot ITB memiliki batasan 10 GB/hari. Batasan kuota ini dianggap cukup besar mengingat transfer data lokal (download / upload) tidak dihitung. Sedangkan, layanan nirkabel eduroam yang memiliki access point tersebar di seluruh kampus ITB dapat digunakan mahasiswa tanpa batasan kuota internet.
ITB melalui DSTI menyediakan sebuah laboratorium komputer besar yang diberi nama ComLabs dengan kapasitas 150 mahasiswa dan ongkos Rp1.500,00/jam. ComLabs juga digunakan untuk melaksanakan praktikum kuliah Pengenalan Teknologi Informasi (KU1071) untuk mahasiswa TPB. Selain ComLabs, terdapat ruang komputer di perpustakaan pusat ITB yang dapat digunakan untuk browsing internet dengan harga yang sama. Fasilitas tersebut tersedia pada jam 09.00-20.00 pada jam kerja. Berdasarkan data historis, fasilitas tersebut cukup untuk melayani seluruh mahasiswa ITB.
Manajemen Rekayasa ITB, bersama dengan 4 program studi lain di Labtek III menyediakan access point Wi-Fi di dalam dan di sekitar Gedung Labtek III untuk mengakses layanan hotspot ITB ataupun eduroam. Dengan menggunakan layanan hotspot ITB, mahasiswa dapat mengakses website program studi, sistem administrasi akademik, dan sistem lokal lainnya, tanpa perlu melewati proses otorisasi akun. Otorisasi akun hanya diperlukan untuk mengakses sistem diluar ITB. Sedangkan, dengan menggunakan jaringan eduroam, mahasiswa tidak perlu melakukan otorisasi akun untuk dapat mengakses sistem lokal ataupun sistem di luar ITB.
ITB menyediakan beberapa platform untuk seluruh program studi di ITB yang mendukung penyelenggaraan kegiatan akademik. Platform SIX (akademik.itb.ac.id) merupakan sistem informasi akademik bagi dosen dan mahasiswa. Platform edunex (edunex.itb.ac.id) merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan oleh DSTI ITB untuk mengorganisir jalannya perkuliahan. Platform e-office (e-office.itb.ac.id) merupakan platform yang digunakan untuk mengelola kegiatan surat menyurat civitas akademik ITB, dan platform Oracle digunakan untuk mengelola keuangan. Selain itu, sistem internet lokal ITB juga digunakan untuk keperluan komunikasi antar staf akademik dan antara staf akademik dengan mahasiswa. Komunikasi digital antar staf akademik difasilitasi melalui layanan webmail internal. Sedangkan, komunikasi antara staf akademik dengan mahasiswa dapat dilakukan melalui webmail internal, forum internal (forum.ti.itb.ac.id) atau melalui platform edunex.